19 Anjing Besar yang Gagah dan Mengagumkan

Seperti yang kita ketahui ukuran tubuh anjing sangat beragam. Mulai dari yang kecil hingga yang terbesar. Apa saja jenis anjing besar?

Anjing berukuran besar memiliki penggemarnya tersendiri. Anjing dengan tubuh yang besar memang nampak sangat mengagumkan dan sebagian nampak mengintimidasi.

Anjing Besar

Jaman dulu, anjing dengan ukuran tubuh besar rata-rata dimanfaatkan sebagai anjing pekerja dan penjaga. Memelihara anjing berukuran besar memiliki banyak tantangan serta memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika Anda berencana ingin memelihara anjing yang besar, berikut ini kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dan Kekurangan Memelihara Anjing Besar

Kelebihan:

  • Bisa menjadi anjing penjaga yang baik dan bisa diandalkan
  • Rata-rata ras anjing besar cerdas dan mudah dilatih
  • Rata-rata lebih stabil secara emosional, lembut, dan ramah anak
  • Mereka tidak menggonggong sebanyak anjing kecil
  • Teman pelukan yang sangat baik.

Kekurangan:

  • Makan banyak, kotoran besar dan banyak, dan tetesan air liur seperti banjir
  • Umumnya, anjing besar membutuhkan lebih banyak latihan
  • Membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk perawatan dan kesehatan
  • Anjing berukuran besar cenderung merontokkan rambut lebih banyak
  • Membutuhkan ruang yang lebih besar.

Jenis Anjing Besar

Tibetan Mastiff

Anjing Besar
Anjing Tibetan Mastiff (~User7565abab_575/istockphoto)

Tibetan Mastiff adalah raksasa yang berasal dari Tibet. Anjing ini sebenarnya bukan termasuk jenis mastiff.

Mereka mendapatkan nama “mastiff” karena dulunya orang-orang selalu beranggapan bahwa jenis anjing berukuran besar selalu masuk grup mastiff. Akhirnya turun-temurun hingga saat ini anjing ini selalu disebut Tibetan Mastiff.

Anjing ras kuno ini memiliki tinggi mencapai 66 cm dan berat badan antara 32 hingga 70 kg. Dengan ukuran tubuhnya yang besar dan sifatnya yang teritorial, anjing Tibetan Mastiff sejak dulu sudah sering dimanfaatkan sebagai anjing penjaga dan pelindung.

Besar tubuhnya biasanya akan membuat banyak orang asing akan gentar mendekatinya. Namun anjing ini tetap bisa menjadi anjing keluarga yang sangat baik.

Scottish Deerhound

Anjing Besar
Anjing Scottish Deerhound (GlobalP/istockphoto)

Scottish Deerhound atau jika diartikan adalah pemburu rusa dari Skotlandia. Anjing ini memang dikembangkan di Skotlandia sebagai anjing pemburu rusa merah.

Jumlah anjing Scottish Deerhound saat ini bisa dikatakan tidak banyak dan termasuk langka. Bahkan pada sekitar tahun 1750-an, Scottish Deerhound hampir mengalami kepunahan.

Tidak diragukan anjing ini memiliki tubuh yang atletis dan berotot. Meski besar, anjing Scottish Deerhound adalah anjing yang ramah dan sosial. Mereka cocok dengan seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak kecil.

Anjing ini juga cukup baik menyambut kehadiran orang asing (yang membuatnya kurang cocok jadi anjing penjaga). Tinggi tubuh Scottish Deerhound bisa mencapai 76 cm dan berat badan 45 kg.

Anjing Scottish Deerhound masuk dalam pendaftaran dan pengakuan di AKC pada tahun 1886.

Saint Bernard

Anjing Besar
Anjing Saint Bernard (fjord77/pixabay)

Saint Bernard dikenal dalam sejarah sebagai anjing penyelamat. Anjing ini memang dikembangkan untuk membantu orang-orang yang tersesat atau celaka ketika melewati jalur Great St. Bernard Pass, Pegunungan Alpen.

Meski berukuran besar, Saint Bernard adalah anjing yang ramah, lembut, dan sabar. Mereka memiliki sifat manis yang membuatnya sangat cocok dipelihara di tengah keluarga.

Anjing Saint Bernard juga sangat cocok hidup bersama anjing lain dan anak-anak kecil, bahkan mereka dikenal sebagai salah satu anjing yang sangat sabar menghadapi anak kecil.

Saking ramahnya, Saint Bernard juga cenderung ramah dengan kehadiran orang asing di sekitarnya. Karena itulah Saint Bernard tidak termasuk anjing penjaga yang baik. Mereka adalah anjing keluarga yang sempurna.

Anatolian Shepherd

Anjing Besar
Anjing Anatolian Shepherd (Thankful Photography/istockphoto)

Anjing besar ini bernama Anatolian Shepherd dan berasal dari Turki. Anatolian Shepherd adalah anjing yang dibiakkan untuk menjadi anjing gembala dan penjaga ternak.

Penampilannya sangat mengesankan, “berwibawa”, dan mungkin nampak mengintimasi. Anjing Anatolian Shepherd yang sudah disosialisasikan dan dilatih dengan tepat bisa menjadi anjing peliharaan yang baik.

Tinggi tubuh anjing Anatolian Shepherd mencapai 74 cm dengan berat badan 36 hingga 68 kg.

Anatolian Shepherd selalu memiliki sifat waspada terhadap orang asing, mereka bisa menjadi anjing penjaga yang sangat berdedikasi.

Anjing Anatolian Shepherd adalah keturunan dari anjing Kangal yang berasal dari Turki.

Bernese Mountain

Anjing Besar
Anjing Bernese Mountain (othmarsigrist/pixabay)

Anjing yang besar dan kokoh ini bernama Bernese Mountain yang berasal dari Berne, Swiss. Bernese Mountain adalah salah satu dari empat anjing gunung aslis Swiss dan satu-satunya yang memiliki mantel panjang.

Dulu, Bernese Mountain adalah anjing pekerja peternakan dan pertanian. Mereka digunakan sebagai penggembala, penarik gerobak, dan penjaga lahan pertanian serta peternakan.

Anjing besar yang mempesona ini dikenal memiliki sifat cerdas, energik, dan loyal. Karena cerdas dan bisa dilatih, Bernese Mountain juga sering diikutkan dalam kompetisi anjing yang melibatkan kepatuhan, penggembalaan, dan pengangkutan.

Tinggi tubuh anjing Bernese Mountain berkisar antara 58 hingga 70 cm dan berat badan antara 30 hingga 70 kg.

Black Russian Terrier

Anjing Besar
Anjing Black Russian Terrier (Silense/istockphoto)

Black Russian Terrier sesuai dengan namanya adalah jenis anjing terrier berwarna solid hitam yang berasal dari Rusia. Di Rusia, mereka lebih dikenal sebagai Chornyi Terrier.

Black Russian Terrier dikembangkan sebagai anjing pekerja, penjaga, dan anjing yang membantu tugas militer.

Tubuhnya yang besar ditopang oleh otot-otot yang kuat dan tulang yang besar. Perpaduan fisik ini membuatnya menjadi anjing yang sangat kuat dan bertenaga.

Fisiknya yang mengagumkan dan dipadukan dengan sifatnya yang lincah dan pemberani membuat Black Russian Terrier bisa menjadi anjing penjaga yang sangat baik.

Tinggi tubuhnya berkisar antara 68 hingga 76 cm dengan berat badan antara 45 hingga 60 kg.

Newfoundland

Anjing Besar
Anjing Newfoundland (MartinFredy/istockphoto)

Newfoundland adalah anjing yang berasal dari Pulau Newfoundland, Kanada. Anjing ini memiliki sifat yang cerdas, tenang, dan setia. Mereka sangat mahir berenang sehingga sering dimanfaatkan sebagai anjing nelayan dan penyelamatan air.

Meskipun tubuhnya besar dan mungkin beberapa orang akan merasa keder ketika melihatnya, Newfoundland adalah anjing yang sangat sosial dan anjing keluarga yang sangat manis.

Mereka cocok dengan seluruh anggota keluarga dan salah satu anjing yang dikenal sabar menghadapi anak-anak kecil.

Kecerdasan anjing Newfoundland membuatnya mudah untuk dilatih. Kekurangan anjing ini mungkin hanya tingkat mengilernya yang tinggi.

Tinggi tubuh Newfoundland berkisar antara 66 hingga 71 cm dengan berat badan antara 55 hingga 80 kg.

Neapolitan Mastiff

Anjing Besar
Anjing Neapolitan Mastiff (Salima Senyavskaya/istockphoto)

Neapolitan Mastiff adalah anjing besar yang berasal dari Italia. Di Italia, anjing ini disebut dengan Mastino Napoletano. Tinggi badannya mencapai 75 cm dengan berat badan antara 50 hingga 70 kg.

Anjing ini memiliki gaya berjalan yang lambat. Dipadukan dengan wajahnya yang nampak seperti pemalas terkesan membuatnya seperti anjing yang lemah tidak berdaya.

Namun jangan salah, anjing besar dan kuat ini memiliki naluri sebagai penjaga dan pelindung yang sangat baik. Ketika dalam mode waspada, wajahnya bisa berubah sangat mengintimadasi.

Sebagai anjing keluarga, ketika sudah dilatih dan mendapatkan sosialisasi yang tepat, Neapolitan Mastiff adalah anjing yang terikat dengan keluarga. Mereka membutuhkan olahraga dan latihan fisik yang rutin agar tidak bosan dan mengalami kegemukan.

Mastiff

Anjing Besar
Anjing Mastiff (josephgruber/istockphoto)

Mastiff adalah ras anjing yang kuno. Mereka adalah keturunan dari Molossus yang sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu.

Pada jaman dulu, anjing Mastiff dengan ukuran besar dan tenaganya yang sangat besar sering dimanfatakan sebagai anjing perang, penjaga, pemburu, dan pertarungan. Di pertarungan, Mastiff biasanya diadu dengan banteng, singa, dan beruang.

Namun masa-masa kelam itu telah berlalu, anjing Mastiff masa kini adalah anjing keluarga dan penjaga yang sangat baik. Dengan pelatihan dan sosialisasi, Mastiff bisa menjadi anjing yang loyal dan patuh.

Ketika sudah terikat dan sayang dengan keluarganya, Mastiff akan melindungi mereka dari berbagai potensi bahaya yang mengancam dengan sepenuh jiwa dan raganya.

Tinggi tubuh anjing Mastiff berkisar antara 68 hingga 76 cm dengan berat badan antara 55 hingga 105 kg. Beberapa orang juga kerap menyebut anjing ini sebagai English Mastiff.

Salah satu anjing terbesar di dunia yang pernah tercatat di buku rekor Guiness Book of Records adalah seekor anjing Mastiff bernama Zorba dengan tinggi 68,6 cm dengan berat badan mencapai 142,7 kg serta panjang tubuh mencapai 2,544 meter pada tahun 1981.

Bullmastiff

Anjing Besar
Anjing Bullmastiff (Wavetop/istockphoto)

Bullmastiff adalah anjing besar yang merupakan hasil persilangan antara English Mastiff dan Old English Bulldog. Meskipun besar, Bullmastiff dikenal lembut dan cenderung pendiam.

Meskipun pendiam, Bullmastiff memiliki naluri sebagai anjing penjaga. Anjing ini pemberani, sangat percaya diri, memiliki lari yang cepat, dan tentu saja sangat kuat. Tubuhnya tidak hanya besar, otot-ototnya sangat menonjol membuatnya terlihat kekar.

Anjing Bullmastiff adalah peliharaan yang sangat baik dan perawatannya termasuk rendah. Mantel pendeknya mudah dibersihkan dan sangat jarang membuat kotor rumah dengan kerontokan. Namun anjing ini sering mengiler.

Anjing Bullmastiff tingginya bisa mencapai 69 cm dengan berat badan antara 41 hingga 59 kg.

Baca juga: Anjing French Bulldog: Profil dan Cara Perawatan

Dogue de Bordeaux

Anjing Besar
Anjing Dogue de Bordeaux (Denys Rzhanov/istockphoto)

Dogue de Bordeaux atau kalau diartikan kurang lebih adalah anjing dari Bordeaux. Anjing besar ini memang berasal dari kota Bordeaux, Prancis. Di negara asalnya, mereka juga sering disebut sebagai Bordeaux Mastiff dan French Mastiff.

Tubuhnya yang besar dipadukan dengan ototnya yang menonjol didapatkan dari masa lalunya sebagai anjing pekerja. Pada masa lalu, Dogue de Bordeaux dipekerjakan sebagai anjing penarik gerobak dan sebagai anjing penjaga ternak.

Dogue de Bordeaux dikenal sebagai anjing yang setia, percaya diri, waspada, dan teritorial. Sebagai anjing keluarga Dogue de Bordeaux bisa menjadi peliharaan yang baik karena mereka setia, penyayang, manis, dan patuh.

Tinggi badannya berkisar antara 58 hingga 69 cm dengan berat badan antara 57 hingga 68 kg.

Cane Corso

Anjing Besar
Anjing Cane Corso (Sidney de Almeida/istockphoto)

Cane Corso adalah anjing besar yang berasal dari Italia. Penampilannya ganas dan mengintimidasi karena tubuh tinggi besar dan ekspresi wajah yang waspada.

Anjing Cane Corso adalah anjing yang loyal, cerdas, dan sangat teritorial. Bukan anjing yang sosial karena mereka akan sangat waspada tingkat tinggi dengan orang asing dan kurang bisa menerima kehadiran anjing lain di sekitarnya.

Namun anjing Cane Corso memiliki kelebihan kecerdasan dan tekad pekerja yang kuat. Mereka bisa dan suka dilatih menjadi anjing kompetisi yang melibatkan kelincahan, kepatuhan, melacak, dan penyelaman.

Tinggi badan Cane Corso berkisar antara 58 hingga 70 cm dengan berat badan antara 40 hingga 50 kg.

Leonberger

Anjing Besar
Anjing Leonberger (GlobalP/istockphoto)

Anjing besar yang berasal dari Jerman ini adalah hasil persilangan antara anjing-anjing besar lain seperti Newfoundland, Great Pyrenees, dan Saint Bernard.

Anjing ini memiliki tenaga yang sangat besar dan mereka sangat membutuhkan sosialisasi dan pelatihan sejak dini agar bisa menjadi anjing peliharaan yang baik. Beberapa Leonberger juga dilatih dan kemudian dimanfaatkan menjadi anjing terapi dan penyelamatan.

Kecerdasannya yang tinggi juga sering membuat Leonberger tampil di berbagai kompetisi anjing yang melibatkan kepatuhan dan kelincahan.

Anjing Leonberger memiliki tinggi rata-rata antara 72 hingga 80 cm dengan berat badan antara 54 hingga 68 kg.

Irish Wolfhound

Anjing Besar
Anjing Irish Wolfhound (Fenne/istockphoto)

Irish Wolfhound berasal dari Irlandia dan dibiakkan sebagai anjing penjaga dan pemburu. Sebagai pemburu, anjing Irish Wolfhound sangat mahir berburu serigala, babi hutan, dan rusa.

Irish Wolfhound memiliki sifat yang cenderung tenang, santai, dan pendiam. Sebagai anjing peliharaan, Irish Wolfhound bisa menjadi anjing yang sangat setia dan sangat terikat dengan pemiliknya.

Mereka tentu saja bisa menjadi anjing penjaga yang sangat bisa diandalkan. Tinggi tubuhnya yang mencapai 86 cm dan berat badan hingga 55 kg tentu akan membuat penyusup harus berpikir ulang ketika menghadapi anjing Irish Wolfhound.

Jumlah anjing Irish Wolfhound saat ini bisa dikatakan tidak banyak meski tidak terancam punah.

Great Pyrenees

Anjing Besar
Anjing Great Pyrenees (slowmotiongli/istockphoto)

Great Pyrenees adalah anjing besar yang berasal dari Prancis. Namanya diambil dari wilayah Pegunungan Pyrenees di mana anjing ini mulai dikembang biakkan.

Anjing dengan ukuran besar ini adalah anjing penggembala dan penjaga. Anjing Great Pyrenees memiliki warna putih solid dengan tinggi badan mencapai 82 cm dengan berat badan antara 55 hingga 75 cm.

Meski memiliki darah sebagai anjing gembala dan penjaga, Great Pyrenees saat ini menjadi salah satu anjing peliharaan keluarga yang favorit. Jika diberikan pelatihan dan sosialisasi yang tepat, Great Pyrenees bisa menjadi anjing yang sosial dan loyal tanpa kehilangan sifat protektif.

Sebagai anjing penjaga, Great Pyrenees sangat bisa diandalkan. Mereka bisa melindungi wilayah dan keluarganya dengan sepenuh hati.

Great Dane

Anjing Besar
Anjing Great Dane (mtajmr/pixabay)

Great Dane berasal dari Jerman yang merupakan hasil pengembangan dari anjing pemburu asli Inggris dan Irlandia. Termasuk ras anjing kuno karena ada beberapa artefak kuno yang menggambarkan penampilan anjing Great Dane.

Anjing besar ini dibiakkan sebagai anjing pemburu babi hutan. Selain itu, Great Dane juga mahir dalam hal pelacakan.

Meskipun besar, anjing Great Dane bisa menjadi anjing peliharaan yang sangat baik. Mereka memiliki sisi lembut dan membuatnya cocok hidup berdampingan dengan seluruh anggota keluarga termasuk anjing lain dan kucing.

Tubuhnya yang tinggi dan ramping membuatnya terlihat sangat elegan. Rata-rata tinggi tubuhnya berkisar antara 71 hingga 90 cm dan berat badan antara 50 hingga 82 kg.

Guinness World Records mencatat salah satu anjing Great Dane sebagai anjing tertinggi di dunia.

Anjing tersebut bernama Zeus yang memiliki tinggi mencapai 111,8 cm atau 1,118 meter dengan berat badan mencapai 70,30 kg. Bahkan ketika berdiri penuh, tinggi Zeus bisa mencapai 2,23 cm (sumber: Tallest Dog Ever – Guinnes World Records)

Sayangnya, anjing Great Dane memiliki rata-rata umur yang pendek. Rata-rata umur anjing Great Dane hanya berkisar antara 8 hingga 10 tahun.

Greyhound

Anjing Besar
Anjing Greyhound (GlobalP/istockphoto)

Anjing Greyhound atau English Greyhound sesuai dengan namanya adalah anjing yang berasal dari Inggris (meski nenek moyangnya diperkiran berasal dari Mesir).

Anjing besar dan atletis ini dulunya dibiakkan sebagai anjing pemburu dan kemudian dikembangkan lagi menjadi anjing balap. Kombinasi fisiknya membuat Greyhound bisa berlari dengan kecepatan hingga 70 kilometer per jam.

Selain sebagai anjing pembalap, karena kecerdasannya, beberapa anjing Greyhound juga sering turun di kompetisi kepatuhan, kelincahan, dan konformasi. Tinggi badan anjing Greyhound bisa mencapai 76 cm dengan berat badan antara 25 hingga 40 kg.

Anjing yang tua dan sudah pensiun dari ajang balapan rata-rata menjadi anjing peliharaan atau penjaga.

Rhodesian Ridgeback

Anjing Besar
Anjing Rhodesian Ridgeback (Zontica/istockphoto)

Rhodesian Ridgeback berasal dari Afrika Selatan. Anjing besar ini adalah anjing pekerja, pemburu, dan penjaga yang sangat baik.

Tidak hanya besar, anjing Rhodesian Ridgeback juga memiliki tubuh atletis. Perpaduan fisik ini membuat Rhodesian Ridgeback mahir untuk berburu hewan besar seperti singa, beruang, dan babi hutan.

Anjing ini juga sangat cerdas dan mudah dilatih. Mereka juga sering diterjunkan di kompetisi olahraga anjing karena unggul pada kelas kelincahan, kepatuhan, dan pelacakan.

Tinggi badan anjing Rhodesian Ridgeback berkisar antara 61 hingga 69 cm dengan berat badan antara 32 hingga 37 kg.

Tosa Inu

Anjing Besar
Anjing Tosa Inu (acceptfoto/istockphoto)

Anjing Tosa, Tosa Inu, Tosa-Ken, atau Japanese Mastiff adalah anjing dengan tubuh besar yang berasal dari Jepang.

Mendapatkan nama Tosa karena diambil dari nama wilayah anjing ini dikembangkan yaitu Tosa yang sekarang sudah berubah nama menjadi Kōchi.

Dulunya, anjing Tosa sengaja dibiakkan sebagai anjing petarung. Bahkan hingga saat ini, anjing Tosa masih digunakan sebagai anjing pertarungan yang dianggap legal di Jepang (hanya khusus anjing Tosa).

Beberapa negara seperti Inggris, Irlandia, Malaysia, dan beberapa negara lain melarang atau membatasi kepemilikan Tosa secara hukum karena ukurannya yang besar dan cenderung membahayakan.

Tinggi anjing Tosa bisa mencapai 82 cm dengan berat badan hingga 90 kg. Bisa dikatakan Tosa adalah atlet sumo versi anjing.

Penutup

Memelihara anjing besar bisa dikatakan memberikan banyak tantangan. Rata-rata anjing besar belum disarankan dipelihara oleh pemula yang belum pernah memelihara anjing.

Merawat anjing besar membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk memenuhi segala kebutuhan mereka seperti makanan dan biaya kesehatannya.

Namun anjing berukuran besar diberkahi dengan tenaga yang besar dan kuat dan kebanyakan dari mereka adalah anjing penjaga dan pelindung yang sangat baik.

Dari beberapa anjing besar yang sudah disebutkan di atas, anjing mana yang paling gagah dan mengagumkan menurut Anda?

Similar Posts